blog tidak bisa diklik kanan

Jumat, 06 Mei 2011

dasar-dasar akuntansi

BAB I


PENGERTIAN AKUNTANSI
pengertian akuntansi dapat di rumuskan dari dua sudut pandang, yaitu dari sudut pemakai jasa akuntansi dan dari sudut proses kegiatannya.

definisi dari sudut pemakai
di tinjau dari sudut pemakaianya, akuntansi dapat di definisikan sebagai “suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi”.informasi yang dihasilkan akuntasi diperlukan untuk:
1. membuat perencanaan yang efektif, pengawasan dan pengambilan keputusan oleh manajemen.
2, pertanggungjawaban organisasikepada para investor, kreditur, badan pemerintah dan sebagainya.
definisi dari sudut proses kegiatan
di tinjau dari segi kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai”proses pencatatan,penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi”.definisi ini menunjukan bahwakegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam-macam kegiatan. Pada dasarnya akuntansi harus:
1. mengindentifikasi data nama yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.
2. memproses atau menganalisa data yang relevan.
3. mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Sebagai suatu sisitem informasi, akuntansi diperlikan oleh oleh berbagai pihak, baik dari kalangan intern maupun dari luar organisasi yang menyelenggarakan akuntasi tersebut. Secara garis besar pihak-pihak tersebut adalah:
manajer : manajer perusahaan menggunakan akuntasi untuk menyusun perencanaan perusahaannya, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan, dan melakukan tindakan-tindakan koreksi yang diperlukan. keputusan yang diambil oleh manajer berdasarkan informasi akuntansi, misalnya menentukan peralatan apa yang sebaiknyadibeli, berapa persediaan yang harus ada di gudang, dan berapa kas yang harus dipinjam dari bank.

Investor : para investor melakukan penanaman modal dalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapannya. oleh karena itu, sebelum melakukan penanaman modal, mereka mengevaluasi pendapatan yang diperkirakan akan dapat diperoleh dari investasinya. Ini berarti bahwa para investor harus melakukan analisa atas laporan keuangan perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat penanaman modalnya. Setelah menjadi investor mereka melakukan monitoring / pengawasan terhadap perusahaan dengan menganalisis laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan atau melalui berita-berita keuangan dalam berbagai surat kabar atau majalah. Sumber berita keuangan dalam surat kabar dan majalah ini adalah laporan-laporan akuntansi.

Kreditur : kreditur hanya bersedia memberikan kredit kepada calon penerima kredit yang dipandang mampu mengembalikan pinjaman dan bunga yang telah disepakati tepat pada waktunya. Oleh karena itu kreditur harus menilai kemampuan keuangan calon pengambil kredit dengan meminta laporan keuangan calon kredit untuk dinilai. Setelah itu kreditur masih meminta laporan keuangan para pengambil kredit utnuk menilai apakah kredit tersebut digunakan sesuai dengan tujuan yang telah disepakati.

Instansi pemerintah : badan-badan pemerintah tertentu seperti badan pelayanan pajak atau badan pengembangan pasar modal (BAPEPAM), membutuhkan informasi keuangan dari perusahaan-perusahaan wajib pajak atau perusahaannya yang menjual sahamnya di pasar modal. Informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk dapat menetapkan pajak perusahaan atau mengawasi perusahaan.

Organisasi nirlaba : organisasi yang tidak bertujuan mencari laba, seperti organisasi keagamaan, yayasan dan lembaga pendidikan juga membutuhkan informasi akuntansi seperti halnya organisasi yang bertujuan mencari laba. Walaupun organisasi ini tidak mencari laba, namun mereka tetap berurusan dengan soal-soal keuangan karena mereka harus mempunyai anggaran, membayar tenaga kerja, membayar listrik, membayar telepon serta urusan keuangan lainnya. Semua hal tersebut bersangkutan dengan akuntansi.
Pemakai lainnya : informasi akuntansi diperlukan juga oleh berbagai pihak lain untuk kepentingan-kepentingan tertentu, misalnya oleh organisasi buruh. Para buruh membutuhkan informasi tentang laba perusahaan dan kadang juga informasi keuangan lainnya. Informasi semacam ini penting bagi para buruh dala rangka mengajukan kenaikan gaji atau tunjanga-tunjangan laindari perusahaan tempat mereka bekerja. Informasi akuntansi juga sering dijadikan dasar oleh kelompok masyarakat tertentu untuk melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan tkepentngan mereka.

sekian dulu mata kuliahnya......
(materi dikutip dari berbagai buku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar